Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Hardness Tester » Manual Tablet Hardness Tester YD-1

Manual Tablet Hardness Tester YD-1

Ditambahkan pada: 20 April 2016 / Kategori:
Kode : -
Stok :
Dilihat : 991 kali
Review : Belum ada review
INFO HARGA
Silahkan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi harga produk ini.

Bagikan informasi tentang Manual Tablet Hardness Tester YD-1 kepada teman atau kerabat Anda.

Deskripsi Manual Tablet Hardness Tester YD-1

Manual Tablet Hardness Tester YD-1 adalah alat yang digunakan untuk menguji kekerasan/hardness pada tablet (obat) sehingga mengetahui kualitas produksi tablet yang dihasilkan.

Tablet adalah sediaan padat kompak, dibuat secara kempa cetak, dalam bentuk tabung pipih atau sirkuler, kedua permukaannya rata atau cembung, mengandung satu jenis obat atau lebih dengan atau tanpa zat tambahan. Zat tambahan yang digunakan dapat berfungsi sebagai zat pengisi, zat pengembang, zat pengikat, zat pelicin, zat pembasah atau zat lain yang cocok ( menurut FI III). Tablet adalah sediaan padat mengandung bahan obat dengan atau tanpa bahan pengisi. Berdasarkan metode pembuatan dapat digolongkan sebagai tablet cetak dan tablet kempa (menurut FI IV).

Selain bahan aktif, dalam pembuatan tablet juga dibutuhkan beberapa bahan tambahan. Bahan tambahan ini dapat membantu proses penabletan dan memperbaiki hasil akhir tablet.
Bahan pembantu tersebut antara lain:

  • Bahan Pengisi (filler atau diluent)
  • Bahan Pengikat (Binder)
  • Bahan Penghancur

Pemeriksaan Kualitas Tablet

Pemeriksaan kualitas tablet meliputi keseragaman bobot, kekerasan kerapuhan daya serap dan waktu hancur.

  1. Keseragaman Bobot Tablet
    Tablet tidak bersalut harus memenuhi memenuhi syarat keseragaman bobot yang ditetapkan sebagai berikut: timbang 20 tablet, hitung bobot rata-rata tiap tablet. Jika ditimbang satu persatu, tidak boleh lebih dari 2 tablet yang masingmasing bobotnya menyimpang dari bobot rata-ratanya lebih besar dari harga yang ditetapkan kolom A dan tidak satu tablet pun yang bobotnya menyimpang dari bobot rata-ratanya lebih dari harga yang ditetapkan kolom B. Jika tidak mencukupi 20 tablet, dapat digunakan 10 tablet, tidak satu tablet pun yang bobotnya
    menyimpang lebih besar dari bobot rata-rata yang ditetapkan kolom A dan tidak satu tablet pun yang bobotnya menyimpang lebih besar dari bobot rata-rata yang ditetapkan kolom B (Anonim, 1995).
  2. Kekerasan Tablet
    Kekerasan merupakan parameter yang menggambarkan ketahanan tablet dalam melawan tekanan mekanik seperti goncangan, kikisan dan terjadi keretakan tablet selama pembungkusan dan pengangkutan. Faktor-faktor yang mempengaruhi kekerasan ini dipakai sebagai ukuran dari tekanan pengempaan, semakin besar tekanan yang diberikan saat pentabletan maka akan meningkatkan kekerasan tablet. Kekerasan tablet yang baik mempunyai kekerasan atara 4 – 8kg (Parrott, 1971).
  3. Kerapuhan Tablet
    Kerapuhan tablet merupakan ketahanan tablet dalam melawan tekanan mekanik terutama goncangan dan pengikisan. Kerapuhan dinyatakan dalam persentase bobot yang hilang selama uji kerapuhan. Tablet yang baik mempunyai nilai kerapuhan tidak lebih dari 1% (Parrott, 1971).
  4. Waktu hancur tablet
    adalah waktu yang diperlukan untuk hancurnya tablet dalam waktu yang sesuai sehingga tidak ada bagian yang tertinggal diatas kasa. Waktu hancur dipengaruhi oleh sifat fisik granul dengan kekerasan (Banker dan Anderson, 1994). Waktu yang diperlukan untuk hancurnya tablet untuk medium yang sesuai kecuali dinyatakan lain tidak lebih dari 15 menit (Anonim, 1995).
  5. Disolusi
    Didefinisikan sebagai proses melarutnya suatu zat kimia atau senyawa obat dari sediaan padat kedalam suatu medium tertentu. Uji disolusi berguna untuk mengertahui seberapa banyak obat yang melarut dalam medium asam atau basa (lambung dan usus halus) (Ansel, 1989). Tablet efektif dalam melepaskan obatnya untuk diabsorbsi tergantung pada kecepatan hancurnya dan pecahnya granul. Efek dari suatu tablet dalam melepas obatnya untuk absorbsi sistemik agaknya bergantung pada laju disintegrasi dari bentuk sediaan dan deagregasi dari granul-granul tersebut. Tetapi yang lebih penting adalah laju disolusi dari obat padat tersebut (Martin, dkk, 1993).

Jual Manual Tablet Hardness Tester YD-1

Untuk melakukan Uji Kekerasan Pada tablet kita menggunakan alat yang disebut Manual Tablet Hardness Tester YD-1.

Fitur Manual Tablet Hardness Tester YD-1 :

  • Tablet dimuat dan ditekan secara artifisial.
  • Memiliki sensor tekan dengan akurasi yang tinggi dan nilai kekerasan ditampilkan di LED.
  • Pengetesan kekerasan secara terus menerus.
  • Data pengujian ditampilkan dan tersimpan secara otomatis, sehingga dapat direset ulang dan melakukan pengujian lagi.
  • Otomasi : auto-test, auto-diagnosis, auto-alarm.

Spesifikasi Manual Tablet Hardness Tester YD-1 :

  • Hardness range : 2~199.9N
  • Hardness accuracy : ±0.05%
  • Moving distance of probe : 20 mm
  • Power : 220V/ 50Hz/ 10W or 110V/ 60Hz/ 10W
  • Dimension : 320 x 200 x 100 mm

Di Web Alat Pengukur ini kami Jual Hardness Tester berupa Manual Tablet Hardness Tester YD-1, kami tunggu order Anda

Belum ada review untuk Manual Tablet Hardness Tester YD-1

Silahkan tulis review Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*







SIDEBAR