Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » Mengetahui Pupuk NPK Palsu di Pasaran

Mengetahui Pupuk NPK Palsu di Pasaran

Diposting pada 25 April 2017 oleh jakaanaksholeh

Pupuk merupakan bahan utama dalam proses penyuburan tanaman sehingga menjadi kebutuhan utama bagi para petani. Saking pentingnya pupuk, berapa pun harganya, akan tetap dibeli. Hal inilah yang sering dimanfaatkan oknum-oknum untuk mengambil keuntungan dengan cara memalsukan pupuk.

Seperti dikutip dari CNNIndonesia.com, baru-baru ini Polda Metro Jaya mempublikasikan penggerebekan 20 ton pupuk palsu siap edar. Pupuk sebanyak itu sedianya akan dikirim ke Pekanbaru dan Indragiri Hilir, Riau. Secara terpisah, kepolisian juga menyita 130 ton pupuk oplosan dari industri rumahan di Sukabumi, Jawa Barat. Secara fisik sulit membedakan antara pupuk asli dan palsu. Perbedaan yang bisa diidentifikasikan hanya dari kemasan.

Cara Membedakan Pupuk Asli dan PalsuKalau dilihat dari pupuknya memang sulit sekali dibedakan. Bau, warna, dan bentuknya sama. Justru pada kemasan ada perbedaan, walau tidak banyak. Kemasan pupuk Phonska—produksi PT Petrokimia Gresik—yang menggunakan huruf h di antara huruf p dan o di kemasan aslinya. Sementara itu, pada kemasan produk Phonska palsu yang beredar tertulis Ponska, tanpa huruf h.

Hal lain yang perlu diwaspadai adalah pengoplosan pupuk. Ini juga kerap terjadi di lapangan. Pupuk palsu dicampur dengan pupuk asli. Menurut Wijaya, pupuk oplosan dapat berdampak negatif bahkan merusak tanaman.

Bagaimana Cara mengetahui Pupuk Asli dan Pupuk Palsu ?

PUPUK ASLI
  • Dengan cara dicium pupuk asli akan terasa bau menyengat saat di cium
  • Dengan cara dijilat pupuk asli akan terasa amis dan hambar saat di jilat
  • Dengan cara diremas butiran pupuk asli tidak akan hancur saat di remas
  • Dengan cara dicelup atau di raba dengan tangan butiran pupuk asli tidak akan menempel di tangan saat di raba atau di celup dengan tangan butiran pupuk asli mudah larut dalam air
PUPUK PALSU
  • Dengan cara dicium pupuk palsu tidak berbau menyengat
  • Dengan cara dijilat pupuk palsu akan terasa pahit saat di jilat
  • Dengan cara diremas butiran pupuk palsu akan hancur saat di remas sebab standar hardnes nya terlalu rendah
  • Dengan cara dicelup atau di raba dengan tangan butiran pupuk palsu akan menempel di tangan saat di celup atau di raba dengan tangan sebab standar H2o yg di perbolehkan adalah  4% jadi kalau butiran nya menempel di tangan kandungan H2o nya tentu melebihi takaran pupuk palsu tidak mudah larut dalam air

Pengujian diatas dilakukan untuk pengetesan langsung dan sekadar deteksi awal, bagi Anda pelaku bisnis pupuk maka pengujian yang paling akurat dengan menggunakan NPK Tester, dengan menggunakan NPK Tester kita bisa mengetahui berapa kadar Nitrogen, Phospat dan Kalium yang terkandung pada pupuk. Alat ini bisa digunakan untuk seratus kali pengukuran pada paketan pereaksi (reagent) awal. Setelah habis bisa beli kembali khusus untuk reagent nya saja.

NPK Tester ini juga bisa digunakan untuk mengetas kadar N, P dan K pada pupuk cair maupun padat, pupuk kimia maupun pupuk organik. bahkan bisa digunakan untuk mengukur kadar N dan P pada tanah.

Bagikan informasi tentang Mengetahui Pupuk NPK Palsu di Pasaran kepada teman atau kerabat Anda.

Mengetahui Pupuk NPK Palsu di Pasaran | CV Berkah Amanah

Komentar dinonaktifkan: Mengetahui Pupuk NPK Palsu di Pasaran

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR