Beranda » Artikel Terbaru » MULAI SAAT INI SELALU GUNAKAN MASKER

MULAI SAAT INI SELALU GUNAKAN MASKER

Diposting pada 25 June 2020 oleh jakaanaksholeh | Dilihat: 37 kali

Pandemi virus corona atau covid-19 di Indonesia sudah berlangsung selama 4 bulan, terhitung mulai tanggal 2 Maret 2020 sejak pertama kali muncul kasus positif. Selama 4 bulan pemerintah sudah melakukan berbagai tindakan baik pencegahan dan pengobatan virus corona, yang tak kalah penting adalah penanganan dampak yang timbul akibat virus corona, dari segi sosial dan ekonomi.

Melihat kecenderungan bahwa virus corona susah atau tidak bisa hilang seratus persen, maka pemerintah menyerukan untuk hidup berdampingan dengan virus corona. Hidup berdampingan disini bukan berarti kita pasrah dan menyerah tetapi bagaimana kita menjalani hidup dengan kondisi masih ada virus corona. Melakukan kegiatan sehari-hari sebagaimana bisanya dengan selalu menjalankan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah. Menggunakan masker kemanapun kita pergi, menjaga jarak minimal 1,8 meter, cuci tangan dengan menggunakan sabun di air yang mengalir.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus  Corona, Achmad Yurianto, meminta seluruh masyarakat untuk menggunakan masker. Hal ini sesuai dengan rekomendasi World Health Organization (WHO) dalam mencegah penyebaran Covid-19. “Mulai hari ini sesuai dengan rekomendasi dari WHO kita jalankan masker untuk semua. Semua harus menggunakan masker,” kata Yuri di Graha BNPB, Jakarta Timur.

Yuri menjelaskan, masyarakat umum dapat menggunakan berbahan dasar kain. Sedangkan tenaga kesehatan wajib mengenakan masker bedah atau masker N95. Menurut dia, penting bagi seluruh masyarakat untuk menggunakan masker, karena ketika seseorang berada di luar rumah akan ada banyak sekali ancaman penularan virus.

Disarankan, penggunaan masker kain tidak lebih dari empat jam. Setelahnya, masker harus dicuci menggunakan sabun dan air dan dipastikan bersih sebelum dipakai kembali. “Lindungi diri kita, semua menggunakan masker pada saat keluar rumah terutama,” ujar Yuri.

Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, masker merupakan perlindungan utama dalam mencegah penularan virus corona. Pasalnya, virus menyebar melalui droplet atau percikan air ludah dari orang yang sakit ke orang sehat. Penggunaan masker dapat menangkal perpindahan droplet tersebut.

Wiku menjelaskan, ada tiga jenis masker yang dapat digunakan untuk mencegah penularan Covid-19. Di antaranya yaitu masker berbahan dasar kain. “Masker kain lapis tiga yang bisa digunakan masyarakat ketika kita berada di tempat umum atau keramaian. Tiga lapisan dalam masker akan meningkatkan efektivitas masker dalam menangkal virus,” kata Wiku saat konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta Timur, Minggu (5/4/2020). Wiku mengatakan, masyarakat dapat membuat masker berbahan dasar kain secara mandiri. Pembuatannya bisa dilakukan secara manual maupun menggunakan mesin jahit. Dalam membuat masker ini, yang paling penting adalah memastikan masker menutupi hidung dan dagu sehingga tidak longgar.

Wiku juga menyarankan supaya masyarakat secara rutin mencuci masker kain merrka. Masker harus diganti setiap kali basah atau kotor. “Jadi kita mungkin bisa miliki beberapa masker kain,” ujarnya. Selain masker kain, ada pula masker bedah dan masker N95. Masker bedah digunakan untuk tenaga medis atau masyarakat yang sedang sakit, sedangkan masker N95 diperuntukkan bagi tenaga medis yang menangani pasien Covid-19 dengan tingkat infeksi tinggi.

Di samping itu, Yuri juga tetap mengingatkan pentingnya jaga jarak pada saat berkomunikasi, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, serta tidak keluar rumah jika tak ada kepentingan yang mendesak. “Karena kita tidak pernah tahu bahwa di luar banyak sekali kasus yang memiliki potensi untuk menularkan ke kita,” kata dia.

Kita juga bisa melakukan pengecekan kualitas udara dilingkungan kita baik rumah maupun tempat kerja kita dengan menggunakan Air Bacteria Sampler

Bagikan informasi tentang MULAI SAAT INI SELALU GUNAKAN MASKER kepada teman atau kerabat Anda.

MULAI SAAT INI SELALU GUNAKAN MASKER | CV Berkah Amanah

Belum ada komentar untuk MULAI SAAT INI SELALU GUNAKAN MASKER

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Alat Pengukur Kelembaban Tembakau, Kayu, Kertas, Pasir, Kulit, Bangunan MC7825PS

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Jual Alat Pengukur Kelembaban Tembakau, Kayu, Kertas, Pasir, Kulit, Bangunan MC7825PS *Harga Hubungi CS
Boroscope V7-3188DK Pipe Inspection System with DVR & Keyboard

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Jual Boroscope Murah *Harga Hubungi CS
Pre Order
Alat Pengukur Cuaca Weather Station AW002

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Jual Alat Pengukur Cuaca Weather Station AW002 *Harga Hubungi CS
SIDEBAR